Inilah 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Keperawanan

Submitted by malam pertama, Senin, 08:41:08



Hingga saat ini isu kehilangan keperawanan sepertinya masih menjadi topik menarik. Itu mungkin karena masih banyak diantara Anda yang tidak mengetahui apa itu keperawanan.

Seperti diungkap Psikolog Seksual Zoya Amirin bahwa kebanyakan orang sampai sekarang ini cenderung berpikir bahwa selaput dara itu bentuknya tertutup lalu robek bila melakukan hubungan seksual. Padahal bukan seperti itu.

Nah, berikut ini, Malam Pertama merangkum 5 hal tentang keperawanan yang diambil dari Cosmopolitan:

1# Penis dan Vagina

Kebanyakan orang menganggap, keperawanan identik dengan penis bertemu vagina. Padahal bukan cuma itu. Aktivitas lain yang mengarah pada hubungan seksual seperti oral atau anal juga telah membuat Anda kehilangan keperawanan.

Zoya Amirin, seorang psikolog seksual dari Univeristas Indonesia, menyatakan bahwa tanda keperawanan tidak bisa dilihat secara kasat mata, apakah itu dari cara jalan dan sebagainya tidak ada yang tahu. Tapi batasan keperawanan itu ada dua. Pertama, sudah pernah melakukan hubungan seksual, dan yang kedua pernah melakukan oral atau anal seks.

2# Selaput dara

Beneran! Selaput dara acapkali disalahpahami. Pakar edukasi seks dari Los Angeles, Michelle Horejs menyatakan bahwa selaput dara hanya jaringan tipis pada lubang vagina.

"Selaput dara mungkin dapat robek waktu pertama kali Anda berhubungan seks. Namun ini bukan ukuran keperawanan sebab robeknya selaput dara dapat terjadi walau tidak berhubungan seks. Seperti saat bersepeda atau hanya dengan menjadi manusia yang aktif," katanya.

3# Banyak berpikir

Seks pertama kali benar-benar aneh, itu yang mungkin Anda pikirkan. Pemikiran itu sangat normal. "Waktu berhubungan seks pertama kali, Anda mungkin merasa tegang atau takut. Jadi susah untuk menikmatinya," ungkap Stardell Smith, edukator kesehatan dari Mount Sinai Adolescent Health Center in New York City.

Seks pertama bagi wanita yang masih perawan, kadang membuat takut. Sebelum Anda panik, Smith menjelaskannya, pertama-tama fase pemanasan. Dimulai dengan berciuman, menyentuh dan lainnya. "Biasanya ketika pria sudah mulai terangsang, dia akan mulai melumasi vagina". Ini penting sekali, karena bila tidak ada pelumasan akan mengakibatkan nyeri dan sakit saat penetrasi.

 4# Semakin intim

Memberikan keperawanan kepada pasangan akan membuat Anda semakin dekat dengannya. Oleh karena itu yakinkan diri Anda sebelum melakukan tindakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Pikirkan apakah hubungan Anda cukup kuat untuk menanggung segala resiko? Apakah Anda yakin dengan keputusan besar ini. Dan jangan menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa seks akan mengubah hidup Anda dan hubungan akan lebih baik.

5# Ingin bercinta lagi dan lagi

Ya, kedengarannya mustahil, tapi saat Anda sudah berhubungan seks sekali walaupun bukan pengalaman yang Anda harapkan, tetapi dijamin Anda akan mempelajari apa yang Anda inginkan, dan ingin mengulang pengalaman itu, lagi lagi dan lagi!



Topik Terkait: