Sehatnya Tidur Telanjang Menurut Penjelasan Para Ahli

Submitted by malam pertama, Senin, 07:11:55



Memakai piyama atau pakaian apa saja saat tidur di malam hari dapat dikatakan mimpi buruk. Bukannya bagus, mengenakan pakaian malah membikin bakteri berkeliaran di tubuh kita. Yang demikian itu cenderung lebih buruk bagi pria karena bisa mempengaruhi kesuburan mereka.

Dr. Alyssa Dweck yang bekerja di bidang ginekologi di pusat kesehatan dan sejumlah rumah sakit di negara bagian New York selalu menganjurkan pasiennya agar tidur telanjang. Jika tubuh, terutama bagian intim, terus tertutup oleh kain yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik, akan menjadi tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri dan jamur.

Hal di atas bisa mengakibatkan terjadinya infeksi radang, iritasi kulit yang parah, dan pada wanita yang sudah menopause dapat mengalami hot flushes (gejolak panas) di malam hari. Bila memang harus memakai celana dalam, pilihlah yang berbahan katun.

Dr. Brian Steixner, Direktur Institut untuk Kesehatan Pria di AS mengingatkan supaya pria memperhatikan apa yang mereka pakai ketika tidur. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas sperma pria.

"Daerah bagian bawah Anda memerlukan suhu yang tepat untuk mengoptimalkan produksi sperma," ungkap Brian seperti dikutip dari Daily Mail.

Bikin Pasangan Lebih Bahagia

"Saya tidur dalam keadaan telanjang selama enam tahun terakhir. Sekarang, saya merasa lebih nyaman daripada memakai piyama atau celana boxer," ungkap seorang responden dalam sebuah jajak pendapat di London, Stephen McKensie, 33 tahun, yang dikutip Daily Mail.

Selanjutnya, Stephen menyatakan, sang istri yang turut melakukan ini, merasa jauh lebih bahagia daripada sebelumnya. Bahkan keduanya pun jauh lebih rileks dalam menjalani hari-hari sebagai pasangan suami istri.

Stephanie Thier-Ratchliffe, dari Cotton USA, menyatakan bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu hubungan. Salah satu faktor yang acapkali terlupakan adalah suasana lingkungan di tempat tidur.

"Penelitian juga mengungkap, sikap pasangan di kamar tidur akan mempengaruhi kebahagian dalam menjalin sebuah hubungan," pungkas dia.

Alasan Buat Pria

Brian Steixner, MD. Urolog berbasis di Atlantic City, New York, mengungkapkan, "Penggunaan celana dalam selama tidur dapat membuat testis terinfeksi bakteri atau iritasi. Untuk menjaganya tetap sehat, penis harus dibiarkan dalam keadaan kering dan bersih," katanya, seperti dikutip Menshealth.

Ahli lainnya, Steixner juga menyatakan, tidur telanjang akan mengoptimalkan produksi sperma. "Ketika testis terlalu hangat, kualitas sperma bisa menurun. Studi di Finlandia membuktikan pakaian dalam dapat menaikkan suhu diatas suhu normal."



Topik Terkait: