Bila Istri Dirasa Terlalu Cepat Orgasme, Normalkah?

Submitted by malam pertama, Senin, 05:51:46



Orgasme bagi wanita adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu saat bercinta. Semua wanita pasti merasa senang bila berhasil mencapai orgasme. Tetapi, bagaimana bila orgasme yang dialami dirasa terlalu cepat? Apakah ini pertanda wanita mengalamai ejakulasi dini, seperti banyak terjadi pria?

"Pada wanita tidak dikenal ejakulasi dini (ED). Bila istri terkesan cepat orgasme sedangkan suami lama mencapai ejakulasi, maka foreplay secara manual dan oral harus lebih dominan dilakukan oleh istri pada zona-zona erotik tubuh suami. Jelasnya, foreplay pada suami harus lebih lama, ketimbang foreplay pada istri," ungkap dr. Andri Wanananda MS, seorang pengamat kesehatan.

dr. Andri menambahkan, tatkala istri dianggap terlalu cepat orgasme, patut pula dicermati kemungkinan si suami yang mengalami orgasme terhambat (delayed orgasm), sementara istri mengalami orgasme yang normal.

Lebih jauh, dr Andri menegaskan bahwa pada pria, telah ada bukti ilmiah bahwa ejakulasi dini berkaitan dengan kebiasaan masturbasi. Sedangkan pada wanita, menurut dr Andri belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hubungan cepatnya orgasme pada wanita dengan kebiasaannya melakukan masturbasi.

Pada tahun 2011, Serafim Carvalho dari Hospital Magalhaes Lemos di Porto, Portugal melakukan survei terhadap 510 wanita usia 18-45 tahun. Diketahui, 40 persen dari mereka mengalami orgasme terlalu cepat setidaknya satu kali, 14 persen melaporkan sering mengalami cepat orgasme, dan 3 persen melaporkan mengalami orgasme terlalu cepat di tahap kronis.

Dalam laporannya di Journal Sexologie, Carvalho menuturkan dalam satu kasus ekstrem, wanita bisa benar-benar mengontrol kemampuannya berorgasme. Namun, di sisi lain ada pula wanita yang tidak memiliki kontrol sama sekali terhadap orgasme yang mereka alami. Akibatnya, timbul rasa tidak nyaman bagi ia dan pasangannya.

"Bahkan, beberapa wanita ada yang menuturkan ketika mereka orgasme terlalu cepat, rasanya sama seperti ketika pria mengalami ejakulasi dini, di mana wanita merasa ia tidak mumpuni secara seksual dan telah gagal," tutur Carvalho.



Topik Terkait: