4 Tips Mengumpulkan Uang untuk Menikah

Submitted by malam pertama, Jumat, 21:03:50



Menikah sudah pasti memerlukan dana. Besar kecilnya anggaran menikah tergantung bujet Anda bersama pasangan. Langkah utama setelah merencanakan anggaran adalah mengumpulkan modal untuk pernikahan agar semua berjalan lancar. Bagian financial inilah yang menjadi salah satu penentu pernikahan yang Anda impikan.

Jika pendapatan Anda dan pasangan pas-pasan maka rencanakanlah pernikahan sederhana namun tetap berkesan. Pada intinya, anggaran untuk menggelar pesta pernikahan harus sesuai dengan kemampuan agar pengumpulan modal nikah berjalan lancar. Ingat, masih banyak kebutuhan menanti Anda setelah pesta pernikahan usai!

Berikut ini 4 tips mengumpulkan uang untuk menikah:

1. Hemat dan Kencangkan Ikat Pinggang
Ketika Anda dan pasangan berencana menikah, maka segera berhemat dan hindari pengeluaran-pengeluaran konsumtif. Mulailah dengan mengurangi biaya kencan seperti menonton bioskop dan makan di restoran setiap minggu. Nah, bila Anda mulai berhemat dan mengencangkan ikat pinggang maka Anda bisa menabung dan pelan-pelan kebutuhan biaya pernikahan Anda akan terkumpul.

2. Sisihkan Penghasilan Anda dan Pasangan
Bagi calon pasangan yang ingin mandiri dalam melaksanakan pernikahan, cara ini wajib untuk dilakukan. Dengan menyisihkan penghasilan minimal 20 persen setiap bulan, maka tabungan pernikahan Anda akan terkumpul. Jika salah satu dari Anda memiliki penghasilan lebih besar, dapat menabung lebih banyak. Terapkan cara ini secara rutin agar mencapai anggaran yang telah ditentukan.

3. Investasi
Mengalokasikan dana menikah ke dalam bentuk investasi, akan lebih baik. Hal ini karena investasi akan membuahkan hasil lebih besar ketimbang tabungan. Pemilihan produk investasinya sebaiknya disesuaikan dengan jangka waktu pemakaian investasi tersebut. Apabila Anda berencana menikah dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun maka manfaatkan emas sebagai investasi karena nilainya akan selalu meningkat dan memiliki tingkat risiko rendah.

Disamping investasi emas, investasi 3i Network bisa anda prioritaskan. Sebab dengan berinvestasi di 3i Network, selain dana Anda akan berkembang rata-rata lebih besar dari bunga deposito, juga Anda akan mendapatkan proteksi asuransi jiwa. Dengan berinvestasi di 3i Network bukan saja rencana pernikahan Anda yang akan terpenuhi, tetapi juga dengan keuangan masa depan Anda setelah pernikahan.

Informasi tentang CAR 3i Networks dapat Anda baca disini

4. Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Nah, jika 3 cara sebelumnya belum dapat memenuhi anggaran pernikahan Anda, mengajukan KTA kerap menjadi solusi. Ini perlu dilakukan bagi pasangan yang kekurangan dana menjelang detik-detik terakhir pernikahan. Meski sudah menabung, berinvestasi dan berhemat, tetapi jumlah dana tunai Anda masih belum melampaui anggaran, Anda bisa mengajukan kredit. Carilah KTA dengan suku bunga rendah, durasi penyetujuan cepat, dan persyaratan mudah. Ketika mengajukan pinjaman sebaiknya pilih bank dengan suku bunga tetap (fixed rate) dan memiliki tenor pinjaman cukup lama.



Topik Terkait: